Pages

Setelah 125 Tahun Pencetak Gol Pertama Liga di Dunia Akhirnya Teridentifikasi

Jawaban atas pertanyaan siapa pencetak gol pertama dalam liga resmi di dunia sudah tak lagi menjadi teka-teki. Setelah 125 tahun, jawabannya kini sudah dapat dipastikan tanpa keraguan.

                     

Dari catatan resmi yang ada, putaran liga pertama di dunia tercatat bergulir di Inggris. Bertajuk Football League, kompetisi liga itu dimulai musim 1888 -1889.

Dalam liga pertama di dunia tersebut, tanggal 8 September 1888 menjadi hari bersejarah. Di sinilah laga liga pertama dimainkan dengan mengetengahkan lima partai, di antaranya laga Bolton Wanderers kontra Derby County dan Aston Villa lawan Wolverhampton Wanderers.

Pada awalnya nama pemain Aston Villa Gershom Cox sempat disebut sebagai pencetak gol pertama liga, lewat gol bunuh dirinya ketika menghadapi tim Wolverhampton Wanderers. Pada prosesnya ternyata tidak demikian.

Titik terang tersebut muncul ketika Robert Boyling, seorang peneliti dari sebuah perpustakaan surat kabar, menemukan sebuah iklan bahwa laga Villa lawan Wolves dilangsungkan pukul 15.30, atau setengah jam lebih lama dari jadwal. Gol bunuh diri Cox di laga itu sendiri tercatat lahir di menit ke-31 pertandingan. Artinya, waktu saat itu menunjukkan pukul 16.01.

Di hari yang sama ada laga Bolton lawan Derby yang tercatat dimulai pukul 15.45. Saat itu seorang pemain Bolton bernama James Kenyon "Kenny" Davenport sudah mencetak gol ketika laga baru bejalan dua menit. Artinya, gol Davenport saat itu lahir pada pukul 15.47 dan berhak atas predikat gol liga pertama di dunia.

Berikut kata-kata dari Mark Metcalf, penulis sebuah buku baru yang berisikan temuan mengenai siapa pencetak gol pertama dalam liga di dunia. "Semua orang di Bolton tahu persis siapa Kenny Davenport. Ia adalah seseorang dari kelas pekerja yang gemar bermain sepakbola sebagai mata pencaharian sekaligus juga membela negaranya," kata Metcalf di Reuters.

"Saya pikir ia tidak memiliki gambaran seberapa penting gol yang dicetaknya saat itu," lanjutnya.

Selain memiliki pemain pencetak gol pertama dalam liga di dunia, Bolton juga sudah tercatat sebagai tim pertama yang mencetak gol pertama dalam final Piala FA di Stadion Wembley pada 1923.

(krs/din)


sumber | iniunic.blogspot.com | http://sport.detik.com/sepakbola/read/2013/07/30/025426/2318229/73/setelah-125-tahun-pencetak-gol-pertama-liga-di-dunia-akhirnya-teridentifikasi?991104topnews