Pages

Akhirnya Pasangan Ganda Campuran Indonesia Sabet Gelar Juara Dunia

Pasangan ganda campuran terbaik Indonesia, Tontowi Ahmad/ Lilyana Natsir menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Dunia 2013, usia menundukkan wakil tuan rumah Xu Chen/ Ma Jin di final. Kemenangan pasangan peringkat dua dunia itu sendiri diraih lewat pertarungan tiga game yang dramatis.


                      


Pada pertandingan yang dihelat Minggu (11/8/2013) siang WIB tersebut, Owi/Butet -sapaan Tontowi dan Lilyana- dan Xu Chen/Ma Jin saling kejar-mengejar poin, hingga kedudukan sama kuat 6-6. Setelahnya, Owi Butet tampil lepas dan terus meraih angka dan memimpin, hingga akhirnya menutup game pertama dengan kedudukan 21-13.

Memasuki game kedua, pertarungan sengit masih terus terjadi, setidaknya hingga kedudukan sama kuat 11-11. Namun, setelah itu, Xu Chen/Ma Jin, yang berpredikat sebagai pasangan peringkat satu dunia, terus melancarkan pukulan-pukulan mematikan hingga akhirnya merebut game kedua dengan kedudukan 21-16.

Kembali, pertarungan hebat antara dua pasangan terbaik dunia itu tersaji pada game ketiga. Kejar-kejaran angka berlangsung ketat sejak awal hingga kedudukan sama kuat 17-17. Setelahnya, kemenangan bagi pasangan China ada di depan mata, karena unggul 20-18. Match point untuk Xu Chen/Ma Jin. Namun, Owi/Butet menunjukkan mentalitas luar biasa, karena berhasil memaksakan deuce, hingga akhirnya menang 22-20.

Kemenangan tersebut juga membuat Owi/Butet memperbaiki rekor mereka saat berhadapan dengan Xu Chen/Ma Jin. Kini, dari total 10 pertandingan yang mereka lakoni, Owi/Butet meraih empat kemenangan dan sisanya dimenangkan oleh Xu Chen/Ma Jin.

Terakhir kali ada pasangan ganda campuran Tanah Air yang mampu merebut medali emas adalah pada 2007, di mana saat itu berhasil direbut oleh Lilyana Natsir/ Nova Widianto. Sementara itu, bagi China, hasil tersebut merupakan kemunduran, mengingat wakil mereka selalu menjadi yang terbaik pada tiga edisi terakhir. (dit)