Pages

Kemungkinan AS Serang Suriah Kamis Pekan Ini Empat kapal perang destroyer AS sudah siaga di Laut Mediterania

Kemungkinan AS Serang Suriah Kamis Pekan Ini Empat kapal perang destroyer AS sudah siaga di Laut Mediterania



Amerika Serikat dan negara-negara Barat tengah mematangkan rencana penyerangan mereka ke Suriah. Sebuah sumber di pemerintahan AS mengatakan, serangan kemungkinan akan dilakukan pada hari Kamis pekan ini.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/08/24/219153_kapal-perang-as--uss-mahan_663_382.JPG


Kepada NBC News, Selasa 27 Agustus 2013, sumber yang tidak disebutkan namanya ini mengatakan, Kementerian Pertahanan AS saat ini telah merampungkan rencana untuk penyerangan selama tiga hari. Menurutnya, serangan ini bukan untuk menggulingkan Assad, tapi sebagai pesan bagi pasukan Suriah untuk tidak membantai rakyat sipil.

Sumber menjelaskan, serangan kemungkinan besar akan diluncurkan dari kapal perang Angkatan Laut atau kapal selam di Laut Mediterania. Dalam beberapa hari terakhir ini, AS telah merapatkan kapal perangnya ke Suriah, yang terletak di wilayah timur Mediterania.

AS diperkirakan akan menggunakan rudal Tomahawk. Rudal ini memiliki presisi sempurna, tidak hanya mampu mengincar gedung, bahkan jendela tertentu dalam bangunan itu bisa ditarget. Rudal ini bahkan bisa ditembakkan dari wilayah paling barat Mediterania.

Menurut sumber di Angkatan Laut AS, empat kapal perang destroyer telah siap melancarkan serangan, USS Barry, USS Mahan, USS Ramage dan USS Gravely. Selasa waktu setempat, kapal destroyer armada ke lima pembawa rudal jelajah, USS Stout, juga telah memasuki Mediterania melalui Selat Gibraltar. Namun USS Stout tidak akan ikut serta dalam penyerangan.

"Empat destroyer yang sekarang telah ditempatkan memiliki lebih dari cukup rudal jelajah," kata sumber.

Sementara itu, pemerintah Amerika Serikat terus memuntahkan tuduhan mereka terhadap Suriah yang menggunakan senjata kimia membantai warganya. Tudingan terbaru datang dari Wakil Presiden Joe Biden.

"Tidak ada yang meragukan bahwa pria, wanita dan anak-anak yang tidak berdosa telah menjadi korban serangan senjata kimia di Suriah, dan tidak ada yang meragukan yang bertanggung jawab atas kejahatan yang mengerikan ini adalah rezim Suriah," kata Biden.
Dukungan Prancis dan Inggris
AS mendapatkan sokongan dari Prancis dan Inggris yang sama-sama mengeluarkan kecaman keras atas kekejaman di Suriah. Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan bahwa mereka siap menghukum mereka yang membantai rakyat sipil.

Perdana Menteri David Cameron mengatakan bahwa sudah saatnya Barat tidak tinggal diam lagi menghadapi tragedi kemanusiaan di Suriah. "Jika kita diam saja, kita telah membuat preseden berbahaya, diktator dan pemimpin brutal akan menganggap bisa lolos setelah menggunakan senjata kimia di masa depan," kata Cameron.

Italia menyatakan tidak akan ikut dalam serangan ke Suriah. Pemerintah Italia mengatakan, perlu ada konsensus di Dewan Keamanan PBB sebelum serangan dilakukan. Namun Barat bersikeras, tidak perlu ada kesepakatan di DK PBB, karena gentingnya situasi. Lagipula, seluruh keputusan DK PBB
akan diveto oleh antek Suriah, yaitu Rusia dan China. (eh)



http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/08/28/219720_kapal-perang-as--uss-ramage_663_382.JPG

 

 

Ini Senjata Tempur 3 Negara Barat untuk Gempur Suriah

Pasukan tempur laut AS, Prancis dan Inggris, telah siaga di kawasan.


Tiga negara Barat, yaitu Amerika Serikat, Prancis dan Inggris, telah mengindikasikan rencana mereka menyerang Suriah dalam waktu dekat ini. AS bahkan telah menyiagakan empat kapal perang mereka di laut Mediterania, siap luncurkan roket.

Menurut analisa kantor berita NBC, tiga negara ini kemungkinan hanya akan menggunakan serangan dari laut. Berbeda dengan penyerangan udara NATO ke Libya, Suriah memiliki kemampuan jet tempur yang cukup bisa menandingi kekuatan udara Barat. Suriah memiliki lebih dari 600 armada tempur, kebanyakan dari kelas MiG buatan Rusia.

Namun, jika memang nekat menyerang Suriah dari udara, AS diprediksi akan menggunakan pesawat nirawak seperti pesawat siluman pengebom B-2 yang akan diterbangkan dari pangkalan udara Whiteman di Missouri. Pesawat ini terkenal ampuh menghindari radar lawan.
Kekuatan laut yang sudah dikonfirmasi AS adalah empat kapal destroyer dari Armada ke-enam yang disiagakan di Laut Mediterania, seperti diberitakan BBC, yang mengutip sumber AL AS.
Empat kapal itu adalah USS Barry, USS Mahan, USS Ramage dan USS Gravely, yang lempar jangkar di sebelah timur Mediterania. Kapal destroyer AS lainnya, USS Stout, juga telah memasuki Mediterania melalui Selat Gibraltar. Namun USS Stout tidak akan ikut serta dalam penyerangan.
Tiap kapal perang ini membawa hingga 90 rudal jelajah Tomahawk. Kapal selam AS juga bisa meluncurkan rudal jelajah ini. Tahun 2011, armada ini menembakkan 212 Tomahawk ke Libya untuk menggulingkan Moammad Khadafi.

AS juga memiliki pangkalan udara di Incirlik dan Izmir, Turki dan di Yordania, yang bisa membantu penyerangan. Dua kapal induk AS, USS Nimits dan USS Harry S Truman bersiaga di perairan lepas.

Sementara Inggris kemungkinan akan meluncurkan rudal jelajah mereka dari kapal selam Trafalgar. Kapal perang HMS Tireless juga dilaporkan terpantau di Gibraltar pekan ini.

Kapal angkatan laut kerajaan gugus tugas reaksi cepat Inggris yang terdiri dari HMS Illustrious, fregat HMS Montrose dan HMS Westminster telah lebih dulu ada di kawasan untuk tugas rutin. Selain itu, Inggris bisa juga menggunakan kekuatan udara mereka dari pangkalan Cyprus.

Kapal induk Prancis Charles de Gaulle saat ini sedang bertugas di wilayah barat Mediterania, siap merapat ke Suriah jika dibutuhkan. Prancis juga bisa menggunakan jet tempur Raffale dan Mirage mereka di pangkalan udara Al-Dhahra, Uni Emirat Arab, untuk melancarkan serangan.
Sementara itu, koordinasi antar kepala negara masih terus dilakukan. Baru saja Perdana Menteri Inggris David Cameron menelepon Barack Obama untuk membicarakan opsi militer.
Dia tidak menjelaskan pembicaraan tersebut. Namun dia menekankan bahwa intervensi militer terhadap Suriah adalah hal yang legal dan proporsional.

Kedua negara menegaskan bahwa penyerangan nanti bukan untuk menggulingkan rezim Bashar al-Assad, tapi untuk menghukum mereka karena telah menggunakan senjata kimia yang menewaskan 1.700 orang.

 
sumber | segalaunik.blogspot.com | http://dunia.news.viva.co.id/news/read/439683-kemungkinan-as-serang-suriah-kamis-pekan-ini