Pages

Senyum Syuhada Syeikh Uwais Ulama Al Azhar 'Sang Perindu Syahid'




Oleh Zulfi Akmal
Kairo
***

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un...

Di samping duka mendalam melihat kejadian hari ini (Tragedi Pembantaian 14/8/2013) ada tusukan istimewa bagi saya pribadi. Guru kami tercinta Prof. DR. Abdurrahman 'Uwais yang telah membimbing saya semenjak awal kedatangan di Mesir sampai jadi pembimbing tesis S 2 di jurusan Tafsir al Azhar, hari ini menjadi salah seorang syuhada' yang tewas di Maidan Rab'ah al 'Adawiyah. Beliau adalah salah seorang guru yang paling istimewa dalam hidup saya.

Ada segudang kenangan saya bersama beliau, yang insyaallah pada lain kesempatan akan saya ceritakan sebagiannya.

Beliau pencinta syahid dan selalu berdo'a semoga meninggal dalam keadaan syahid. Hari ini Allah betul-betul memberikan apa yang menjadi cita-cita beliau.

Baru saja saya menghubungi keluarga beliau di daerah Al Marj Jadidah, bertepatan dengan datang jenazah beliau. Sayang situasi tidak memungkinkan untuk datang ke sana malam ini.

Do'a dari teman semua, semoga Allah mengampuni dan merahmati beliau serta ditempatkan bersama para syuhada'.

***

Kenangan terakhir saya bersama beliau. Selamat jalan duktur, Semoga bahagia di surgaNya duktur kami tercinta. semoga Allah mempertemukan kita kembali di surga kelak. (dari @Hilal Toxx -fb-)

Mengenang Dr. Abdurrahman Uwais
Oleh Muhammad Yasin

Ustaz Abdurrahman Uwais seorang ustaz Tafsir dan Ulum Quran di Kuliah Usuluddin Universiti Al Azhar.

Senyuman yang tidak pernah lekang dari wajahnya sama ada ketika hidup dan matinya..Seakan-akan beliau sedang melihat tempat persinggahannya di syurga.

Saya akan menyampaikan kenangan kebaikan Dr. Abdurrahman Uwais, dan Allah lebih mengetahui tentang beliau. Selama tiga tahun saya tinggal di flat sewaan beliau, pas di bawah flat beliau, banyak kenangan baik dari beliau yang saya yakin membekas di benak setiap orang yang pernah berinteraksi dengan beliau.

Beliau memiliki rumah susun sekitar 4-5 tingkat. Sudah lupa pastinya. Tingkat paling dasar beliau jadikan masjid. Masyarakat di sekitar shalat di masjid rumah beliau. Saya berpikir kala itu, bahwa sang Duktur tidak hanya membangun rumah di dunia, tapi juga berobsesi membangun rumah di akhirat dengan menjadikan rumahnya sebagai masjid.

Dr. Abdurrahman Uwais sangat pemurah. Beberapa flat beliau sewakan untuk mahasiswa asing, dari Indonesia dan Afrika. Beliau sewakan dengan harga yang sangat murah.

Beliau sering memberi kami telur ayam kampung satu plastik, atau seekor bebek untuk kami masak. Beliau beternak di flat bagian atas, sebagaimana kebiasaan orang Mesir lainnya.

Tak jarang beliau mengundang kami makan di rumah beliau. Makan bersama keluarga beliau, makan mie khas Mesir, nasi minyak dengan daging, atau lainnya.

Setelah shalat Jamaah, biasanya beliau ceramah singkat. Terutama setelah shalat Subuh. Ceramah beliau selalu saja memasuki ruang hati. Mungkin beliau juga menyampaikannya dari hati.

Dr. Abdurrahman Uwais. Tubuh dan wajah beliau tampak tua. Ketika ceramah di masjid rumah, selalu saja dengan lembut dan santai. Tapi, jika beliau khutbah Idul Fitri di lapangan terbuka dan luas, ternyata suara beliau menggelegar dan membangkitkan semangat setiap yang mendengarnya.

Dr. Abdurrahman Uwais. Dosen Al-Azhar, hafal Al-Quran, berilmu tinggi, dan tawadhu'. Ketika kami berdesak-desak naik metro Anfak menuju kuliah, tak jarang ketemu beliau yang juga berdesak-desak dengan yang lain. Tampak mulut beliau tampak komat-kamit melantunkan ayat-ayat Quran dengan cepat.

Dr. Abdurrahman Uwais, pernah mengisi ceramah di Keluarga Mahasiswa Aceh dan memberi motivasi untuk penuntut ilmu di negeri Kinanah. Sangat banyak jasa yang beliau berikan untuk para mahasiswanya.

Informasi terakhir, dari ikhwan di Mesir, beliau telah syahid dalam krisis Mesir baru-baru ini. Tentu membuat sangat sedih orang-orang yang mengenal beliau. Semoga Allah memberikan beliau tempat mulia di sisi-Nya.  

Semoga Allah memasukkan beliau dan para pejuang fi sabilillah di Mesir ke dalam firman-Nya:

لكن الرسول والذين آمنوا معه جاهدوا بأموالهم وأنفسهم وأولئك لهم الخيرات وأولئك هم المفلحون ( 88 )
أعد الله لهم جنات تجري من تحتها الأنهار خالدين فيها ذلك الفوز العظيم (
98

“Akan tetapi Rasul dan orang-orang beriman bersamanya berjihad dengan harta dan jiwa mereka, dan bagi mereka kebaikan yang banyak dan merekalah orang-orang yang beruntung. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai, mereka kekal di dalamnya. ITULAH KEMENANGAN YANG BESAR.” (QS. At-Taubah: 88-89).



Demonstran Mesir Gugur Saat Pegang Mushaf, Aparat Anggap Mushaf Bahaya

MESIR (voa-islam.com) – Rabu (14/08/13) wajah Militer Mesir semakin suram mewarnai sejarah kota piramida itu. Korban terus berjatuhan, sedangkan Militer Mesir masih terus melakukan operasi.
Aparat Keamanan Mesir mengumpulkan ‘senjata’ yang paling berbahaya milik pengunjuk rasa Rabiah al Adawiya setelah menyelesaikan operasi ‘penghalauan’ unjuk rasa dan menyisir lokasi.
Aparat Keamanan Mesir mengumpulkan ratusan Al-Qur’an yang dimiliki oleh para pengunjuk rasa. Kebanyakan dari mushaf tersebut berlumuran darah para pemiliknya yang telah menemui ajalnya sambil memegang mushaf.[usamah/imo]