Pages

SUSAH TIDUR ? atau tidur ngga PULAS ? ini tips nya biar tidur kamu lebih NYENYAK

SUSAH TIDUR ? atau tidur ngga PULAS ? ini tips nya biar tidur kamu lebih NYENYAKSahabat, tips kesehatan. Tidur merupakan aktivitas mendiamkan tubuh dan pikiran kita dalam beberapa waktu. Karena kita ketahui, sebelum kita tidur, banyak sekali aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran kita tanpa henti. Tidur juga dapat menenangkan kondisi jiwa dan pikiran yang sedang dilanda stress. Untuk itulah kita harus menjaga kualitas tidur kita agar selalu baik. Ini ditandai dengan lebih nyenyaknya tidur kita setiap hari.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfiH3CygcXBulaDS7djYbn-aHbl50S6je9Mrix4jVF8rKEm6L5x2cUoG-VKzY6KsgoNrxh38S3NYE0z8h1FzCnh7iPlF8lA9bgaB4LWF6GBIwgUalMBhoUHF0P3u08DnEo4tokxhRDz1XS/s400/Lucu+tidur+pulas.jpg

     Sahabat, tips kesehatan. Berbagai cara bisa kita lakukan agar tidur kita lebih nyenyak. Sehingga aktivitas yang akan kita lakukan saat terbangun bisa lebih optimal dan berjalan lancar. Tips kesehatan, kali ini akan membahas tips agar tidur kita lebih nyenyak. Berikut ini 7 tips agar tidur kita lebih nyenyak :
  1. Anda harus menetapkan waktu tidur dan bangun yang tepat. Jadi jika anda tidur pada jam yang sudah anda tentukan, anda harus sudah pergi ketempat tidur. Lakukan ini setiap hari. Begitu juga dengan ketika anda bangun, anda harus juga menetapkan bangun pada waktu yang sudah anda tentukan dan lakukan ini setiap hari.
  2. Anda sebaiknya tidak makan sebelum beranjak tidur dan minum berlebihan ketika beranjak tidur. Ini juga akan menganggu kualitas tidur nyenyak anda. Usahakan jangan minum kopi, merokok atau meminum minuman beralkohol menjelang tidur. Karena hal itu pula yang menganggu kenyamanan tidur anda.
  3. Membuat kondisi kamar anda lebih nyaman untuk tidur. Ini dapat dilakukan dengan mendengarkan musik yang beralunan lembut maupun menggunakan lampu kamar yang redup juga dapat membantu membuat kualitas tidur anda lebih nyenyak. Usahakan mematikan tv sebelum berangkat tidur. Agar tidak menganggu tidur anda di larut malam dengan kondisi tv yang masih menyala.
  4. Usahakan tempat tidur yang anda gunakan dapat membuat anda sangat nyaman. Dalam hal ini jangan terlalu sempit sehingga anda sulit bergerak dikasur atau tempat tidur yang anda tempati.
  5. Jika ingin kualitas tidur malam anda lebih nyenyak. Maka anda harus membatasi tidur siang anda. Dalam hal ini jangan sampai tidur siang anda terlalu lama. Usahakan tidur siang selama 10-30 menit saja. Hal ini untuk menjaga kualitas tidur malam anda lebih nyenyak.
  6. Usahakan mengolahraga tubuh anda setiap hari. Ini bisa dilakukan di waktu pagi hari dengan olahraga pagi. Hal ini dapat membantu membuat kualitas tidur anda lebih terasa nyenyak.
  7. Jika anda memiliki banyak tugas untuk esok hari atau memiliki banyak masalah esok harinya. Ada baiknya anda mencatatnya dalam buku yang berisi tentang tugas yang akan anda lakukan esok harinya atau berisi tentang segala solusi tentang berbagai masalah anda. Ini juga dapat membantu kualitas tidur anda lebih baik dan nyenyak.

Cara unik agar bisa tidur nyenyak

Anda tentu sering mendengar banyak saran agar bisa tidur dengan nyenyak. Misalkan minum segelas susu, atau menjauhi kafein. Namun, selain cara-cara klasik tersebut, Anda mungkin juga ingin melakukan cara-cara tak wajar, seperti yang disarankan oleh Thirdage (12/10), berikut ini.
1. Memainkan didgeridoo
Didgeridoo adalah instrumen musik tradisional dari Australia. Bentuknya hampir mirip seruling, namun ukurannya lebih besar dan panjang. Penelitian di Swiss menunjukkan bahwa memainkan alat musik tiup ini mampu menyembuhkan kesulitan tidur. Tak hanya itu, alat musik ini juga membuat Anda tidak mengantuk di siang hari. Alat musik ini menguatkan organ pernafasan bagian atas dan melebarkan saluran napas. Seringkali kesulitan tidur dan apnea disebabkan oleh saluran pernapasan yang menyempit.
2. Menghitung mundur
Yap, jangan hanya menghitung domba. Menghitung mundur juga bisa membantu Anda untuk cepat tertidur lelap. Namun, jangan mulai dari angka puluhan. Mulailah dari ribuan atau ratusan. Peneliti mengatakan cara ini akan berhasil karena Anda melakukan kegiatan yang monoton dan menenangkan pikiran.
3. Bernyanyi
Peneliti menemukan bahwa bernyanyi mampu mengganggu jalannya pesan dan sinyal ke otak. Sinyal ini seringkali menyebabkan otak sibuk dan membuat kita terjaga. Biasanya seseorang akan tertidur setelah menyanyikan satu atau dua lagu. Pilihlah lagu favorit Anda, nyanyikan dengan suara pelan jika takut mengganggu orang lain.
4. Menekuk jari kaki
Menekuk jari-jari kaki dan menahannya hingga hitungan ke tujuh bisa membuat seseorang merasa tenang. Tempelkan kaki satu sama lain dan tekuk jari=jari kaki hingga hangat. Lakukan ini beberapa kali, dan rasakan ketika tubuh dan pikiran Anda mulai tenang.
5. Menulis
Biasanya seseorang terjaga karena ada sesuatu yang mengganggu pikirannya. Selalu sediakan alat tulis dan kertas di dekat tempat tidur. Ketika sesuatu mulai mengganggu pikiran Anda, langsung tulis saja. Kemudian lupakan hal tersebut dan pergi tidur.
Itulah beberapa cara unik yang layak dicoba jika Anda mulai susah tidur. Cara-cara tersebut bisa dikombinasikan satu sama lain. Selamat mencoba!

13 Tips Agar Tidur Nyenyak....


 
Tidak setiap orang bisa mengalami kualitas tidur yang baik. Simak 13 saran berikut agar Anda bisa tidur nyenyak, sehingga segar dan bugar ketika bangun.




1. Temukan kedamaian dan ketenangan pada saat menjelang waktu tidur

Untuk bisa tidur cepat dan nyenyak sepanjang malam, ternyata tubuh memerlukan persiapan. Bagaimana bisa tidur enak kalau tubuh dan pikiran tidak dipersiapkan untuk itu? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan suasana damai dan tenang. Tinggalkan masalah yang membebani Anda hari itu. Ringankan pikiran dan tubuh dengan aktivitas yang menyenangkan.


  • Jika suasana tidak enak atau tetangga berisik, cobalah anda keluar kamara dan mencari tempat paling nyaman untuk duduk. Tenangkan hati dan pikiran agar tidak terganggu oleh keadaan itu.
  • Anda juga bisa mencoba membaca untuk rileks. Pilihlah bacaan yang ringan agar tidak menyedot perhatian dan malah membuat terjaga.
  • Menonton acara TV? Mengapa tidak! Namun pilihlah program yang santai.
  • Mendengarkan musik juga sangat dianjurkan. Sekali lagi, pilihlah musik ringan yang menenangkan.
  • Cobalah bermeditasi atau berdoa. Ini akan mendamaikan hati dan pikiran kita.
  • Jika suka, Anda juga bisa berendam air hangat atau meminta pijat ringan.
2. Buatlah ritual menjelang tidur
Ritual ini diperlukan untuk memberi sinyal kepada tubuh bahwa saat inii adalah waktunya tidur. Tentu ritualnya terserah Anda. Misalnya, pada jam tertentu Anda mengunci semua pintu, mematikan lampu, membersihkan diri di kamar mandi, memakai krim malam, gantu baju, lalu naik ke tempat tidur. Jika ritual ini dilakukan setiap hari, tubuh akan mengerti kapan harus tidur.


3. Jangan berangkat tidur saat marah
Kalau berangkat tidur masih marah, percayalah, di tempat tidur Anda akan memikirkan argumentasi dan strategi melakukan serangan balik. Terlalu sering orang menjadikan tempat tidur sebagai arena menyelesaikan masalah. Padahal, tempat tidur mestinya dijadikan tempat untuk merasakan kedamaian dan ketenangan.


4. Jangan mencemaskan soal tidur
Mencemaskan soal tidur sama sekali tidak produktif bahkan hanya menghasilkan lebih banyak stres, kegelisahan dan insomnia.


5. Jangan paksakan diri untuk tidur
Banyak orang suka memaksakan diri supaya bisa tidur karena keesokan harinya akan melakukan sesuatu yang penting. “Saya harus tidur, saya harus tidur,” kalimat yang diucapkan berkali-kali di dalam hati itu bukannya membuat mengantuk dan tertidur. Semakin keras dia berusaha, malah makin sulit. Cobalah untuk melakukan saran nomor 1: rileks!


6. Tundalah penundaan!
Pada umumnya kita suka menunda pekerjaan dengan moto: “Kalau bisa besok, mengapa harus dikerjakan hari ini.” Akibatnya sebagian orang menjadi sulit atau tidak nyenyak tidur karena pikiran masih tertinggal di pekerjaan, memang dibutuhkan disiplin.

  • Buatlah dafta apa yang harus diselesaikan hari itu, jangan lupa mengatur waktunya.
  • Selesaikan apa yang telah Anda mulai. Meninggalkan pekerjaan setengah jadi bisa menyulitkan Anda untuk rileks sebelum tidur. Kadang juga membuat malas untuk menyelesaikan pada keesokan harinya.
  • Peganglah janji untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Buatlah jadwal dan tepatilah apa yang telah Anda rencanakan.

7. Jangan terobsesi tentang mimpi
Mimpi memang kontroversial. Ada ilmuwan menganggap mimpi merupakan ungkapan bawah sadar. Yang lain hanya menganggap mimpi sebagai pikiran acak yang masuk ke dalam otak dan tidak memiliki arti. Karena itu, mengenalisis arti mimpi sama sekali tidak ada gunanya. Yang jelas, mengalami mimpi dan bisa mengingat merupakan pertanda tidur kita tidak nyenyak.


8. Berlatihlah olahraga lebih awal

Olahraga memamg perlu tapi jika itu dilakukan dekat-dekat waktu tidur akan membuat Anda tidak bisa beristirahat dengan enak. Olahraga bukan hanya membuat kita merasa lelah, tapi organ-organ tubuh seperti otak,jantung dan lain-lain akan terstimulasi menjadi aktif, sehingga membutuhkan waktu untuk pendinginan. Lakukan latihan lebih awal, kalau bisa pagi hari, 30-45 menit 3-4 kali seminggu.


9. Hati-hati dengan kefein
Kafein yang terdapat di dalam kopi dan teh hitam memang lazim kita minum pada pagi atau sore hari. Bahkan karena berpendapat bahwa kopi tidak berpengaruh apap pun, kadang orang minum kopi pada waktu menjelang tidur. Padahal, ada efek yang tidak disadari, yaitu menjadi letih saat bangun tidur. Celakanya, oranhg lantas mencoba menghilangkan rasa lelah, letih dan kurang segar itu dengan minum kopi. Ini tak lebih dari lingkaran setan yang mencelakakan. Jangan minum kafein setidaknya enam jam sebelum waktu tidur. Jangan pula meremehkan kefein pada produk lain seperti minuman ringan, penambah ebergi, dan sebagainya.


10. Makan cemilan, sebelum tidur
Makan terlalu kenyang, kalau tidak membuat sulit tidur malah membikin ngantuk. Namun, berangkat tidur dalam keadaan perut lapar juga tidak baik karena membuat sulit atau tidak nyenyak tidur. Riset membuktikan makan cepat dan ringan sebelumnya bisa membuat tidur lebih nyenyak. Lakukan sekitar 30 menit sebelum tidur, tapi jangan di atas tempat tidur. Hindari makanan yang mengandung MSG dan kafein.


11. Jangan merokok
Merokok bukan hanya akan mengganggu keseahtan, tapi juga membuat Anda terjaga. Riset menunjukkan perokok berat memiliki risiko lebih tinggi memgalami insomnia dibanding bukan perokok.

12. Jangan minum lalu tidur

Ada kalanya minuman beralkohol membantu orang untuk tidur. Namun, alkohol akan membuat mereka terjaga pada tengah malam, menambah porsi minum, dan pada akhirnya menuai berbagai penyakit termasuk terganggunya pernapasan. Jangan memilih minuman beralkohol untuk pengantar tidur. Pilihlah teknik rileksasi lain.


13. Berjalan kakilah pada pagi hari
Anda mungkin tidak memiliki kesulitan untuk tidur nyenyak. Namun, mungkin Anda belum tahu bahwa jalan kaki pada pagihari bisa membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Mengapa? Ini merupakan rangkaian pembentukan jam biologis Anda. Seperti halnya ritual menjelang tidur, jalan kaki, atau naik sepeda bisa membentuk ritme tubuh kapan harus tidur dan bangun.


Tips dan Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak

 Tidur merupakan salah satu cara tubuh untuk istirahat. Bahkan ternyata kurang tidur bisa juga menyebabkan kegemukan. Sebabnya, orang yang kurang tidur akan banyak kemungkinan memakan makanan berkalori lebih banyak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, Amerika Serikat (AS), kelelahan dan kurang istirahat malam akan menyebabkan obesitas.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa tidur nyenyak saat malam hari? Berikut ini caranya:

    Buat agar kamar tidur kamu senyaman mungkin, bila kamu hanya bisa tidur dalam ruangan yang gelap, matikan lampu di kamar, begitu juaga sebaliknya. Hal yang sama berlaku bila kamu hanya bisa tidur di ruangan ber-AC atau dengan musik yang mengalun.
    Tenangkan pikiran sebelum tidur, mungkin ada masalah atau pekerjaan yang belum terselesaikan. Untuk sementara lupakan dulu semua masalah dan pekerjaan yang belum terselesaikan dan bebaskan pikiranmu.
    Makanlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat 1-2 jam sebelu waktu tidur, tapi hindari makanan dengan kandungan protein yang banyak yang bisa membuat kamu tetap terjaga.
    Akan lebih baik bila kau minum teh herbal hangat sebelum tidur dan jangan minum minuman yang banyak mengandung kafein seperti kopi atau cola.
    Bila tiba-tiba terbangun saat tengah malam, jangan beraktifitas dulu seperti melihat jam atau semacamnya agar tidak merangsang otak untuk bekerja kembali. Tetaplah berbaring dan biarkan tetap mata terpejam agar kamu kembali bisa tidur.

Semoga informasi tentang tips bagaimana cara agar bisa tidur nyenyak diatas dapat bermanfaat.
Tips Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak Saat Hamil
Wanita atau ibu yang sedang hamil biasanya akan mengalami masalah dengan tidur. Wanita yang sedang hamil biasanya akan sulit tidur nyenyak. Hal ini karena kondisi ...
Tips Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari
Bangun pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun demikian, banyak orang yang malas bangun pagi karena alasan masih mengantuk yang biasanya karena tidur tidak nyenyak ...
Cara Mengatasi Insomnia
Insomnia atau sulit tidur saat malam hari bisa membuat kacau semua pekerjaan kita. Karena insomnia, jatah wkatu tidur kita jadi berkurang, akibatnya mata jadi mengantuk ...



sumber | segalaunik.blogspot.com | http://intips-kesehatan.blogspot.com/2012/09/tips-tidur-nyenyak-pulas.html