Pages

Gigitan Ular Berbisa Membuat Pria Ini Keluarkan Air Mata Darah


Seorang pria asal Kanada digigit ular mematikan saat berada di Kosta Rika hingga mengalami keanehan, yaitu mengeluarkan air mata darah. Untungnya berkat kesigapan petugas medis, pria tersebut sudah ditangani dan diterbangkan secara khusus ke Seattle untuk diberi penangkal racun.

Pria berusia 61 tahun itu digigit oleh ular ketika berjalan di pantai pada malam hari. Racun ular menyebar dengan cepat dan menyebabkan gejala pembengkakan kaki hingga gagal ginjal. Pria yang tak disebutkan namanya itu dilarikan ke klinik di Kosta Rika, tapi karena kendala bahasa, ia langsung diterbangkan pulang.

"Jadi pasien mengalami perdarahan dari berbagai area tubuhnya dan air matanya benar-benar telah berubah menjadi darah. Bisa ular ini juga menyebabkan masalah besar dengan pembekuan darah," kata Dr Roy Purssell, Direktur British Columbia Drug and Poison Information Centre seperti dilansir The Canadian Press, Selasa (26/3/2013).

Purssell mengatakan bahwa tim medis dari Vancouver General Hospital berhasil mengidentifikasi jenis ular yang menggigit pria tersebut, yaitu ular bothrops. Bisa ular ini diketahui bisa menyebabkan korbannya menderita kerusakan ginjal. Tempat terdekat yang memiliki penawar bisa ular tersebut adalah kebun binatang Seattle, Washington.

Pria korban gigitan ular tersebut segera diterbangkan ke Seattle dengan helikopter ambulans. Sebelumnya, tim dokter dari Vancouver sudah mengurut luka untuk mengeluarkan bisa ular pada siang hari dan pasien baru mendapat penawar racun ketika pukul 6 petang. Setelah mendapat penawar, tubuh pasien berangsur mulai membaik.

"Kelainan pembekuan darah mulai membaik dalam beberapa menit dan secara dramatis kondisinya jadi lebih baik dalam beberapa jam. Kondisinya hampir kembali normal dalam waktu beberapa jam setelah itu," kata Purssell.

Anehnya, pasien tersebut tidak tahu telah digigit ular, jadi tim medis berupaya keras mencari tahu diagnosis yang tepat sebelum memberikan penanganan. Kini pria tersebut dalam kondisi stabil di Vancouver General Hospital, namun mungkin mengalami kerusakan ginjal permanen.





sumber | iniunic.blogspot.com | http://health.detik.com/read/2013/03/26/085917/2203567/763/gigitan-ular-berbisa-membuat-pria-ini-keluarkan-air-mata-darah?991104topnews